Jika Anda mencari ide proyek sains yang adil, lihat salah satu proyek favorit saya: kromatografi kertas. Kromatografi kertas adalah cara yang sangat sederhana untuk menggunakan bahan kimia di selembar kertas untuk membantu menganalisis asal-usul bahan kimia lainnya. Ini adalah salah satu gagasan proyek sains yang banyak dilakukan oleh para siswa jika mereka tertarik pada peradilan pidana, karena kromatografi adalah cara yang populer bagi detektif untuk menentukan bahan kimia apa yang telah ada, yang dapat membantu mereka menyelesaikan beberapa kasus kepolisian.

Ini juga salah satu ide proyek sains favorit saya karena harganya kurang dari $ 20, benar-benar aman, dapat dilakukan dengan menggunakan materi yang mungkin sudah ada di rumah Anda, dan hanya membutuhkan waktu beberapa jam (jika ada). Oleh karena itu, ini adalah proyek yang cukup mudah yang benar-benar menarik juga! Inilah yang perlu Anda ketahui untuk membuat proyek kromatografi kertas Anda sendiri:

Objektif:

Tujuan dari proyek ini adalah untuk menganalisis bahan kimia tinta apa yang digunakan dalam spidol permanen.

Pengantar:

Untuk memahami latar belakang proyek ini, Anda mungkin ingin membaca pengantar yang lebih mendalam tentang dasar-dasar kromatografi. Pada dasarnya, apa yang perlu Anda ketahui untuk menciptakan pengantar adalah bahwa kromatografi adalah eksperimen kimia yang menggunakan hukum tarik-menarik untuk menentukan bahan kimia apa yang termasuk dalam barang tertentu. Kromatografi digunakan untuk menentukan asal-usul noda darah dan obat-obatan secara teratur dalam penyelidikan polisi (sekali lagi – mengapa ini adalah salah satu ide proyek sains favorit saya).

Profesional menggunakan peralatan mahal untuk menganalisis sumber noda atau cairan tertentu. Namun, untuk proyek ini, Anda hanya perlu beberapa bahan sederhana.

Istilah dan Konsep:

Anda harus memahami beberapa istilah untuk menyelesaikan proyek ini dengan sukses. Anda juga akan mempelajari lebih lanjut tentang istilah dan konsep ini sebagai hasil dari menyelesaikan eksperimen ini. Istilah dan konsep tersebut meliputi:

  • Elemen perekat dan kohesif
  • Aksi kapiler
  • Fase seluler dan stasioner
  • Bahan kimia hidrofobik dan hidrofilik
  • Nilai-nilai
  • Kromatografi
  • Pelarut dan solusi

Pertanyaan yang Akan Anda Temukan:

Baik sebelum atau selama percobaan Anda, Anda akan mempelajari jawaban untuk beberapa pertanyaan penting, termasuk:

  • Mengapa tidak semua bahan kimia bereaksi dengan cara yang sama ketika mereka berinteraksi dengan kertas?
  • Mengapa orang menggunakan kromatografi?
  • Bagaimana cara suatu senyawa bereaksi menentukan jenis kimianya yang tepat?

Bahan yang Anda Butuhkan:

Sekali lagi, ini adalah salah satu ide proyek sains favorit saya karena semua yang Anda butuhkan mungkin sudah ada di rumah Anda. Inilah daftar Anda:

  • air
  • 15 lembar kertas (harus berukuran sama). Jika Anda dapat menemukan kertas laboratorium atau kertas kromatografi, gunakan kertas tersebut. Anda mungkin juga dapat menggunakan jenis kertas lain.
  • Penggaris
  • Tape
  • Pensil
  • 3 jenis penanda tinta hitam. Satu harus permanen.
  • Jarum lebar mulut (ini akan menahan pelarut)

Prosedur:

Setelah Anda mengumpulkan bahan-bahan Anda, Anda siap untuk memulai. Berikut adalah prosedur 10 langkah yang harus Anda gunakan:

  1. Potong kertasnya menjadi satu inci dengan strip empat inci.
  2. Buat garis horizontal di kertas 2 inci dari bawah.
  3. Menuangkan cukup air ke dalam toples Anda sehingga Anda dapat menggantung kertas dari bagian atas botol dan hanya ujung air yang menyentuh kertas.
  4. Menggunakan yang pertama dari tiga pasar, membuat titik kecil di telepon.
  5. Label strip dengan pensil untuk menggambarkan apa penanda itu.
  6. Tape kertas Anda ke pensil dan letakkan pensil di atas toples sehingga kertas menggantung ke dalam stoples, hanya sedikit menyentuh air.
  7. Tunggu untuk kertas menyerap air sampai air hampir berada di bagian atas kertas.
  8. Menandai seberapa jauh air naik di atas kertas.
  9. Mengukur seberapa jauh air dan tinta mengalir di atas kertas. Hitung nilainya. Perlu diingat bahwa beberapa penanda mungkin memiliki tinta yang tidak bergerak.
  10. Ulangi lima kali untuk semua penanda.

Ini adalah salah satu ide proyek sains terbaik karena sangat membantu untuk menunjukkan bagaimana kromatografi bekerja. Pastikan untuk melakukan penelitian Anda sendiri ke dalam kromatografi sebelum memulai percobaan untuk memiliki pemahaman mendalam tentang apa yang Anda lihat!

Jika Anda siap untuk pergi dengan proyek sains Anda, langkah selanjutnya adalah mengunduh salinan gratis "Langkah Mudah ke Proyek Sains Pemenang Penghargaan" dari tautan di bawah ini sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *