Objektif

Ini adalah salah satu dari eksperimen sains adil yang didasarkan pada sirkuit cahaya atau sirkuit listrik. Di sini Anda akan menguji bagaimana rangkaian cahaya dipengaruhi dengan mengubah panjang resistor pensil.

pengantar

Manusia tahu tentang listrik langsung dari hari-hari awal ketika orang-orang Yunani kuno menghasilkan listrik statis dengan menyebabkan gesekan antara amber dan bulu. Benjamin Franklin mempertaruhkan nyawanya untuk mendemonstrasikan bahwa listrik yang disebabkan oleh petir tidak lebih dari listrik statis.

Pada tahun 1800, Alessandro Volta mengembangkan sirkuit listrik pertama. André Marie Ampère, pada tahun 1820, menyarankan bahwa ada korelasi antara magnet dan listrik, sebuah konsep yang kemudian ditetapkan. Pada tahun 1826, Georg Ohm, yang melanjutkan pekerjaan Volta, menetapkan bahwa kuantitas listrik yang bergerak melalui konduktor, kekuatannya dan perlawanan yang ditawarkan, berbanding lurus dengan arus listrik yang dihasilkan, yang kemudian kemudian dikenal sebagai Ohm Hukum. Kita dapat menggunakan prinsip-prinsip ini dalam ratusan eksperimen sains adil.

Terlepas dari kerja yang dilakukan oleh Ampère, Volta, dan Ohm, listrik bukanlah komoditas yang bermanfaat. Penggunaan listrik menjadi praktis untuk pertama kalinya ketika Thomas Edison menemukan bola lampu pada tahun 1877.

Ini adalah salah satu dari eksperimen sains yang adil di mana Anda akan memanfaatkan pengetahuan di atas yang ditetapkan oleh orang-orang hebat ini dalam bentuk sel, sirkuit, resistor, dan bola lampu.

Material

  • Pensil
  • Tiga kabel dengan klip buaya di kedua ujungnya
  • Baterai (9V)
  • Bola lampu 9V (kecil)
  • Pemegang bohlam
  • Penggaris
  • Rautan pensil
  • Sepotong kawat ekstra
  • Tongkat es loli
  • Sebuah koping melihat

Persiapan

Menyiapkan papan sirkuit

Semua koneksi harus dilakukan menggunakan klip buaya terisolasi. Hubungkan dua kabel ke kedua terminal baterai. Hubungkan ujung bebas kabel pertama ke sekrup kontak dudukan lampu dan biarkan kabel kedua bebas. Sekarang ambil kawat ketiga dan hubungkan ke sekrup kontak dudukan bulb holder. Tinggalkan ujung bebas kawat ketiga seperti itu.

Sekarang kita memiliki dua ujung bebas yang melekat pada klip buaya. Sekarang tempatkan bola lampu di dudukan lampu dan sentuh ujung kabel yang bebas. Jika bola lampu menyala, sirkuit Anda sudah siap. Jika tidak, periksa apakah semua kabel terhubung dengan benar.

Membuat resistor pensil Anda

Potong berbagai pensil menjadi berbagai ukuran seperti 3 inci, 5 inci, 7 inci, dan seterusnya dengan menggunakan gergaji penggergajian. Pertajam masing-masing bagian di kedua ujungnya. Tolong bantu orang tua Anda untuk langkah ini.

Mengukur resistor pensil

Sekarang menggunakan penggaris mengukur panjang setiap potongan pensil dari satu titik mengarah ke yang lain. Data harus selalu dicatat secara akurat dalam eksperimen sains yang adil. Jadi, tuliskan panjang setiap potongan pensil di meja.

Prosedur

  1. Sekarang hubungkan setiap pensil ke sirkuit satu per satu. Anda dapat melakukan ini dengan menjepit ujung ujung grafit dari pensil yang sama dengan klip buaya yang terhubung ke ujung bebas dari kawat sirkuit.
  2. Buat catatan kecerahan bohlam setiap kali Anda menghubungkan resistor pensil yang berbeda ke sirkuit Anda. Ukur kecerahan menggunakan skala angka. Misalnya, pada skala 1 hingga 5, 1 bisa berarti kegelapan dan 5 bisa berarti kecerahan. Tulis peringkat di samping masing-masing penghapus pensil di meja.
  3. Saya harap Anda tidak melupakan potongan kawat ekstra dan tongkat es loli. Tempatkan masing-masing di sirkuit, beri peringkat dengan cara yang sama. Ini berfungsi sebagai kelompok kontrol. Potongan kawat ekstra adalah "kontrol positif" Anda dan tongkat es loli, "kontrol negatif" Anda

Saya yakin Anda menyukai ide saya menggunakan pensil Anda sebagai penghambat. Sebelum melanjutkan, saya ingin menawarkan salinan gratis "Langkah Mudah ke Proyek Sains Pemenang Penghargaan", yang dapat Anda unduh dari tautan di bawah ini sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *